Dan dalam hal aqidah tersebut, setidaknya melalui makna ayat-ayat di 
dalam al-Qur’an, kita akan berusaha mencari tahu tentang hakikat 
penyimpangan dalam agama Kristen atau Nasrani yang mana pada asalnya 
merupakan agama tauhid, juga dalam aliran Syi’ah dan Ahmadiyah yang mana
 keduanya mengaku masih sebagai bagian dari agama Islam. Dan di sini 
akan disinggung terutama mengenai penyimpangan aqidah mereka dalam hal 
ketokohan, di mana agama Kristen begitu berlebihan dalam mengagungkan 
Yesus atau Isa AS, sebagaimana Syi’ah juga berlebihan dalam mengagungkan
 Imam Ali RA dan para imam mereka, demikian juga Ahmadiyah dengan sosok 
Mirza Ghulam Ahmad-nya.
Meskipun memang di sana terdapat agama dan aliran lain yang 
sebenarnya juga dapat disinggung, namun semoga pembahasan tiga bentuk 
keyakinan tersebut dapat menghasilkan kesimpulan yang mewakili, dengan 
izin Allah SWT. Dan semoga kesimpulan yang ada dengan kekurangannya 
dapat diluruskan dan dilengkapi oleh keterangan-keterangan lain dari 
sumber lainnya, hingga akhirnya dapat menjadi masukan yang membantu, 
terutama bagi masing-masing penganut dari tiga keyakinan tersebut, yaitu
 agama Kristen, Syi’ah dan Ahmadiyah, yang mana masing-masing penganut 
tampak hidup berdampingan dengan umat Islam di tanah air kita.
- Agama Kristen dan Yesus (Isa AS)
Penyimpangan dalam agama Kristen mengenai sosok Yesus AS adalah 
ketika agama ini meyakini bahwa Yesus AS adalah anak Tuhan, sekaligus 
seorang Tuhan dari tiga pribadi Tuhan lainnya, yang akan harus terbunuh 
di atas salib, yang mana dalam hal ini, al-Qur’an justru menjelaskan 
yang sebaliknya, yaitu bahwa Yesus AS bukanlah anak Tuhan, dan bukan 
pula Tuhan itu sendiri, melainkan hanya seorang nabi dan rasul, yang 
telah diselamatkan oleh Allah SWT dari usaha penyaliban tersebut.
Adapun sosok yang disalib dalam peristiwa bersejarah tersebut, maka 
itu bukanlah Yesus AS, melainkan konon adalah seorang murid beliau yang 
diserupakan oleh Allah SWT dengan beliau, sehingga tentara Romawi yang 
mencari-cari Yesus AS pun sampai mengira bahwa murid Yesus AS tersebut 
adalah Yesus AS itu sendiri. Allah SWT berfirman di dalam al-Qur’an yang
 artinya:
“dan karena ucapan mereka: ‘Sesungguhnya kami telah membunuh al-Masih, Isa (Yesus) putra Maryam, utusan Allah’, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa (Yesus) bagi mereka.
 Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa
 (Yesus) benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. 
Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali
 mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak yakin bahwa yang mereka 
bunuh itu adalah Isa (Yesus); Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa (Yesus) kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (An-Nisaa’: 157-158)
Demikianlah penyimpangan aqidah dalam agama Kristen tentang kedudukan
 Yesus AS, khususnya kedudukan beliau dalam peristiwa penyaliban 
tersebut. Adapun mengenai pengangkatan beliau ke sisi Allah SWT, maka 
menurut agama Kristen, setelah beliau mati di atas tiang salib, beberapa
 lama kemudian beliau dibangkitkan dari kematiannya tersebut lalu 
kemudian diangkat ke langit. Jadi, dalam hal ini agama Kristen meyakini 
bahwa Yesus AS diangkat ke langit dalam keadaan hidup.
Sedangkan menurut agama Islam, kita mendapati perbedaan pendapat dari
 para ulama tentang keadaan Yesus AS sebelum atau ketika beliau diangkat
 ke langit tersebut, di mana sebagian ulama berpendapat bahwa beliau 
terlebih dahulu diwafatkan atau disampaikan kepada ajalnya lalu kemudian
 diangkat ke sisi Allah SWT, sedangkan sebagian ulama lainnya 
berpendapat bahwa beliau hanya ditidurkan lalu kemudian diangkat ke sisi
 Allah SWT. Dan hanya Allah SWT sajalah yang lebih tahu tentang 
hakikatnya.
Dan perbedaan pendapat di antara para ulama tersebut muncul karena memang di sana terdapat ayat lain, selain ayat 158 surat an-Nisaa’,
 yang menyebutkan bahwa Allah SWT memang telah mewahyukan kepada Yesus 
AS bahwa beliau akan diwafatkan sebelum diangkat oleh Allah SWT ke 
sisi-Nya. Dan berikut inilah makna ayat yang menerangkan tentang hal 
tersebut:
“(Ingatlah) ketika Allah berfirman: ‘Hai Isa (Yesus), sesungguhnya Aku akan mewafatkan kamu
 dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang 
yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu (dalam 
tauhid) di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian 
hanya kepada Akulah kembali kalian, lalu Aku memutuskan di antara kalian
 tentang hal-hal yang selalu kalian berselisih padanya’.” (Aali ‘Imraan: 55)
Kalimat berhuruf tebal dalam makna ayat di atas mewakili kalimat ayat yang dalam bacaan Arabnya adalah “Yaa ‘Iisaa inniy mutawaffiyka” yang mana ungkapan “mutawaffiyka” mengandung sebuah kata yang diserap dari kata kerja “tawaffaa-yatawaffaa” yang artinya “mewafatkan”, sebagaimana kata kerja tersebut juga kita dapati dalam ayat lainnya yang artinya berikut ini:
“Allah telah menciptakan kalian, kemudian mewafatkan kalian;
 dan di antara kalian ada yang dikembalikan kepada umur yang paling 
lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah 
diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (An-Nahl: 70)
Kalimat berhuruf tebal di atas mewakili bacaan “Wallaahu khalaqakum tsumma yatawaffaakum”, yang juga mengandung kata kerja “tawaffaa-yatawaffaa” yang artinya “mewafatkan”. Dan dari kesimpulan makna kata kerja “tawaffaa-yatawaffaa”
 itulah muncul kesimpulan bahwa Yesus AS memang telah diwafatkan 
terlebih dahulu sebelum beliau diangkat ke sisi Allah SWT. Bahkan secara
 lebih jelas lagi, wafatnya Yesus AS tersebut juga disebutkan dalam ayat
 lain yang artinya berikut ini:
“Aku (Isa/Yesus) tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali 
apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya, yaitu: ‘Sembahlah 
Allah, Tuhanku dan Tuhan kalian’, dan adalah aku menjadi saksi terhadap 
mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.” (Al-Maaidah: 117)
Demikianlah dalil yang memperjelas tentang wafatnya Yesus AS sebelum 
beliau diangkat ke sisi Allah SWT. Namun tentang hakikat cara dan kapan 
beliau wafat, maka hanya Allah SWT sajalah yang lebih mengetahui. Dan 
bisa jadi di sana terdapat dalil yang menjelaskan tentang wafatnya 
beliau tersebut secara lebih terperinci, namun memang hanya sebatas 
itulah yang dapat disebutkan di sini.
Adapun kesimpulan lain yang menyebutkan bahwa Yesus AS hanya 
ditidurkan sebelum atau ketika diangkat ke sisi Allah SWT, maka itu pun 
juga memiliki dalil dan alasan tersendiri yang juga bisa menjadi bentuk 
kemungkinan lainnya. Dan kesimpulan tersebut didasarkan pada ayat-ayat 
lainnya yang juga mengandung kata kerja “tawaffaa-yatawaffaa”, 
yang ternyata kata kerja tersebut digunakan untuk mewakili makna 
“menidurkan”, sebagaimana ayat-ayat yang artinya berikut ini:
“Dan Dialah yang mewafatkan kalian di malam hari
 dan Dia mengetahui apa yang kalian kerjakan pada siang hari, kemudian 
Dia membangunkan kalian pada siang hari untuk disempurnakan umur 
(kalian) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kalian 
kembali, lalu Dia memberitahukan kepada kalian apa yang dahulu kalian 
kerjakan.” (Al-An’aam: 60)
“Allah mewafatkan jiwa (manusia) di saat kematiannya dan juga jiwa (manusia) yang belum mati di waktu tidurnya;
 maka Dia menahan jiwa (manusia) yang telah Dia tetapkan kematiannya, 
dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. 
Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah
 bagi kaum yang berpikir.” (Az-Zumar: 42)
Kalimat yang ditebalkan dari makna ayat 60 surat al-An’aam di atas mewakili kalimat ayat yang dalam bacaan Arabnya adalah “Wa huwal ladziy yatawaffaakum bil laili”, sedangkan dalam makna ayat yang berikutnya, yaitu ayat 42 surat az-Zumar, maka bacaan Arabnya adalah “Allaahu yatawaffal anfusa hiina mautihaa wal latiy lam tamut fiy manaamihaa”, yang mana kedua ayat tersebut sama-sama mempergunakan kata kerja “tawaffaa-yatawaffaa”
 yang artinya “mewafatkan”. Namun, tentu makna dari kata “mewafatkan” 
tersebut menjadi tampak berubah dari makna asalnya semenjak terdapat 
ungkapan lain yang mengiringinya, yang mana bersama ungkapan tersebutlah
 kalimat ayat menjadi diarahkan kepada makna yang baru; dan ungkapan 
pengiring tersebut adalah “di malam hari” dan “yang belum mati di waktu 
tidurnya”. Sehingga, seakan-akan memang ada manusia yang telah 
“diwafatkan” namun nyatanya “belum mati”, yaitu ketika ia masih tidur di
 malam hari.
Jadi, di sini kata “mewafatkan” akan tampak kurang tepat jika 
difahami sebagai tindakan mencabut nyawa, mematikan, atau menjadikan 
seseorang meninggal dunia, melainkan lebih tepat untuk difahami sesuai 
konteks kalimat dalam ayatnya, yaitu bahwa ungkapan “Dan Dialah yang 
‘mewafatkan’ kalian di malam hari” akan perlu diartikan sebagai “Dan 
Dialah yang ‘menidurkan’ kalian di malam hari”; sebagaimana ungkapan 
“Allah ‘mewafatkan’ jiwa (manusia) di saat kematiannya dan juga jiwa 
(manusia) yang belum mati di waktu tidurnya” yang mana akan perlu 
diartikan sebagai “Allah ‘memegang’ jiwa (manusia) di saat kematiannya 
dan juga jiwa (manusia) yang belum mati di waktu tidurnya”. Dan 
penerjemahan yang menggunakan ungkapan “menidurkan” dan “memegang” 
semacam itu dapat kita temukan dalam terjemahan al-Qur’an secara umum 
dalam Bahasa Indonesia. Dan hanya Allah SWT sajalah yang lebih tahu 
tentang hakikat kebenarannya.
Dan mungkin, di sinilah kita mendapati pentingnya pembedaan antara 
al-Qur’an dengan terjemahan dari al-Qur’an itu sendiri, yaitu agar 
meskipun pengibaratan-pengibaratan yang ada dalam terjemahan akan 
mungkin berbeda satu sama lain, namun setidaknya masing-masing memiliki 
landasan yang menguatkan, yaitu landasan dari ayat-ayat al-Qur’an itu 
sendiri; berbeda dengan kedudukan Kitab Injil dalam agama Kristen, yang 
tampaknya memang tiada pembedaan antara mana Kitab Injil yang asli dan 
mana yang sekedar terjemahan dari Kitab Injil itu sendiri.
Pada intinya, dari makna ayat-ayat al-Qur’an yang telah disebutkan di
 atas, setidaknya penyimpangan aqidah dalam agama Kristen mengenai 
ketokohan Yesus AS tampak semakin jelas. Dan kesimpulan pun dapat kita 
ambil, bahwa Yesus AS bukanlah anak Tuhan dan bukan pula Tuhan, yang 
juga tidak pernah terbunuh ataupun disalib, melainkan beliau hanyalah 
seorang utusan Allah SWT yang diselamatkan dari penyaliban tersebut, 
dengan cara Allah SWT menyerupakan orang lain yang akan disalib dengan 
wajah dan perilaku beliau, sedangkan beliau sendiri ‘diwafatkan’ dan 
diangkat oleh Allah SWT ke sisi-Nya.
Maka semoga umat Kristen dianugerahi kemudahan petunjuk untuk dapat 
menempuh jalan yang lurus sebagaimana yang telah ditempuh oleh Yesus AS 
itu sendiri, yaitu jalan tauhid dan Islam. Dan semoga umat Islam juga 
semakin diberi kemudahan dalam memperkuat keyakinan mereka tentang akan 
kembali diutusnya Yesus atau Isa AS menjelang hari kiamat, dan juga 
dalam meyakini bahwa sebelum kematian beliau kelak, sesungguhnya setiap 
orang dari Ahli Kitab akan menjadi beriman kepada beliau dengan iman 
yang benar, yaitu meyakini bahwa beliau hanyalah seorang nabi dan utusan
 Allah SWT sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW, dan bahwa hanya Islam 
sajalah agama satu-satunya yang diridhai oleh Allah SWT. Allah SWT 
berfirman di dalam al-Qur’an yang artinya:
“Tidak ada seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari Kiamat nanti, Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.” (An-Nisaa’: 159)
- Syi’ah dan Imam Ali RA beserta para imam lainnya
Pada dasarnya, Syi’ah terbagi menjadi beberapa sekte yang 
masing-masing memiliki ciri-ciri tersendiri, beserta tingkat 
penyimpangan masing-masing yang tampak beragam. Namun secara garis 
besarnya, penyimpangan yang terjadi dalam Syi’ah adalah ketika aliran 
ini mengagung-agungkan Imam Ali RA secara berlebihan, hingga sampai 
mencela sahabat Rasulullah Muhammad SAW yang lain, terutama Abu Bakar RA
 dan Umar RA, yang mana telah lebih dahulu menjadi khalifah sebelum Ali 
RA. Menurut Syi’ah, kedudukan Abu Bakar RA dan Umar RA, dan juga Utsman 
RA, sebagai khalifah sebelum Imam Ali RA tidaklah bisa diterima karena 
tidak sah, karena yang semestinya menjadi khalifah setelah Rasulullah 
SAW adalah Ali RA, yang mana merupakan Ahlul Bait.
Di samping itu, karena terlalu berlebihan mengagung-agungkan Imam Ali
 RA beserta segenap imam Ahlul Bait yang merupakan keturunan Husain bin 
Ali RA, Syi’ah pun hingga mengesampingkan riwayat-riwayat hadits yang 
dibawakan oleh perawi yang bukan dari Ahlul Bait, meskipun jika riwayat 
tersebut terbukti kuat kedudukannya. Syi’ah cenderung hanya akan 
mempergunakan riwayat-riwayat hadits dari Ahlul Bait saja. Sehingga, 
dari permasalahan pilihan dan penggunaan riwayat hadits tersebut saja, 
akhirnya Syi’ah pun sampai memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan
 keyakinan jama’ah umat Islam.
Dan di antara perbedaan mendasar tersebut adalah di antaranya dalam 
perkara rukun Islam, yang mana jama’ah umat Islam yang merupakan ahlussunnah meyakini bahwa rukun Islam itu adalah lima perkara, yaitu syahadatain
 atau persaksian tauhid dan kerasulan Muhammad SAW, kemudian shalat, 
zakat, puasa dan haji; sedangkan menurut Syi’ah, rukun agama yang benar 
adalah shalat, puasa, zakat, haji, dan kepemimpinan (al-wilaayah). Begitu juga perbedaan dalam rukun iman, yang mana menurut ahlussunnah,
 rukun iman itu adalah enam perkara, yaitu iman kepada Allah SWT, kepada
 para malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, 
kepada hari akhir, dan kepada qadar, baiknya dan buruknya; sedangkan 
menurut Syi’ah, rukun iman itu terdiri dari lima perkara, yaitu 
pengesaan Allah SWT (at-tauhiid), kenabian(an-nubuwwah), keimaman (al-imaamah), keadilan (al-‘adlu), dan hari kebangkitan (al-ma’aad).
Dan di antara nilai-nilai mendasar tersebut yang secara jelas memisahkan Syi’ah dari ahlussunnah adalah perkara al-wilaayah, yang mana al-wilaayah adalah ibarat pondasi yang mendasari segala bentuk kepemimpinan dalam agama, baik itu kenabian (an-nubuwwah), keimaman (al-imaamah), ataupun hingga keulamaan. Dan iman terhadap keimaman (al-imaamah)
 itulah yang menjadikan Syi’ah begitu menghormati para imam mereka 
secara berlebihan, sampai menganggap imam mereka tersebut sebagai 
manusia pilihan Tuhan layaknya para nabi. Mereka menganggap bahwa para 
imam mereka tersebut adalah orang-orang yang suci dan terjaga (ma’shuum)
 dari kesalahan dan dosa sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW. Dan mereka
 menyandarkan keyakinan mereka tersebut kepada dalil al-Qur’an yang 
artinya berikut ini:
“Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kalian, wahai Ahlul Bait, dan mensucikan kalian sesuci-sucinya.” (al-Ahzaab: 33)
Dalam hal ini, Islam memang tidak memungkiri kebenaran dalil ayat 
al-Qur’an tersebut, meskipun di sana juga terdapat perbedaan pendapat 
tentang siapa saja yang dimaksud sebagai Ahlul Bait tersebut, namun yang
 menjadi masalah adalah ketika dalil tersebut lantas menjadikan Syi’ah 
tidak menghormati para sahabat Rasulullah SAW yang lainnya, hingga 
bahkan sampai mencela atau mengkafirkan mereka. Dan penyimpangan semacam
 itu tak lain adalah karena kepemimpinan (al-wilaayah) dan keimaman (al-imaamah)
 telah dijadikan rukun agama dan rukun iman oleh mereka, sementara Islam
 sendiri juga memiliki rukun agama dan rukun iman yang tersendiri.
Oleh karena itu, jika memang Syi’ah mengaku sebagai bagian dari 
Islam, semestinyalah mereka menghindari tindakan mencela para sahabat 
Rasulullah SAW yang lain, serta agar meyakini rukun Islam dan rukun iman
 yang sebenarnya, karena pada kenyataannya, ajaran Syi’ah yang diyakini 
oleh penganutnya memang jelas berbeda jauh dari ajaran Islam. Penganut 
Syi’ah adalah para pengagung Imam Ali RA dan para imam Ahlul Bait 
lainnya secara berlebihan, sedangkan umat Islam adalah para pengikut 
Rasulullah Muhammad SAW, yang tidak membeda-bedakan antara keempat 
khalifah setelah Rasulullah Muhammad SAW tersebut.
Bahkan, menurut dalil al-Qur’an, sosok Abu Bakar RA yang merupakan 
salah satu dari orang-orang yang dicela oleh Syi’ah tersebut justru 
digambarkan sebagai seorang sahabat yang sangat dekat dengan Rasulullah 
Muhammad SAW. Peran kesahabatan dan kedekatan Abu Bakar RA dengan 
Rasulullah SAW tersebut diabadikan di dalam sebuah ayat yang artinya 
berikut ini:
“Jikalau kalian tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya 
Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin 
Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia (adalah) salah seorang 
dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia (Muhammad) berkata kepada temannya (Abu Bakar): “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.”
 Maka Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya 
dengan tentara yang kalian tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan
 orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang 
tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah: 40)
Dari makna ayat tersebut, setidaknya kita dapat memahami wujud 
kedekatan Abu Bakar RA dengan Rasulullah Muhammad SAW, di mana beliau 
telah menyertai Rasulullah SAW dalam keadaan yang cukup sulit dan 
mengkhawatirkan, di mana nyawa menjadi terasa dekat dengan ajalnya, 
sehingga, dari sini sangatlah tidak bisa diterima jika hanya berdasarkan
 ‘kesucian’ Imam Syi’ah yang merupakan Ahlul Bait, sosok Abu Bakar RA 
yang justru dimuliakan di dalam ayat Al-Qur’an tersebut bahkan sampai 
dicela dan dihina. Padahal, tentunya yang lebih harus dipercayai oleh 
umat Islam adalah kalimat Allah SWT di dalam al-Qur’an daripada kalimat 
makhluq-Nya yang justru menyelisihi ayat al-Qur’an.
Oleh karena itu, jika memang penganut Syi’ah mengaku sebagai umat 
Islam, semestinyalah mereka menerima bukti kebenaran Islam meskipun itu 
berasal dari umat Islam yang bukan Ahlul Bait. Semestinyalah mereka 
mempertimbangkan riwayat-riwayat hadits yang berasal dari para perawi 
lainnya selama riwayat tersebut terbukti kuat kedudukannya. Dan 
seharusnyalah mereka tidak cenderung mengkultuskan para Imam mereka. 
Jika memang Syi’ah menganggap para imam mereka sebagai orang-orang yang 
suci dari kesalahan dan dosa, maka itu memang berarti bahwa para Imam 
mereka tersebut adalah jauh lebih baik daripada para Imam Madzhab umat 
Islam, karena justru para Imam Madzhab umat Islam itu sendiri juga telah
 mengakui potensi kesalahan yang ada dalam diri mereka, hingga mereka 
pun sampai melarang umat Islam untuk mengikuti kesimpulan-kesimpulan 
mereka jika memang tidak sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah.
Keempat Imam Madzhab yang terkemuka dalam Islam tidak pernah sampai 
mewajibkan umat Islam untuk bersikap fanatik terhadap salah satu di 
antara mereka, hingga misalnya sampai terjadi saling menyalahkan madzhab
 satu sama lain di antara umat Islam, hanya karena fanatisme madzhab 
tersebut. Karena memang dalam perkara cabang agama (furuu’) 
yang mana masih dalam lingkup al-Qur’an dan as-Sunnah, keragaman 
pendapat di antara umat Islam itu masih dapat dimaklumi; berbeda jika 
perkaranya sudah jelas keluar dari lingkup al-Qur’an dan as-Sunnah 
tersebut. Dan meskipun kita umat Islam yang awam mengikuti pendapat para
 Imam Madzhab tersebut dalam perkara agama, kita tetap tidak pernah 
dibenarkan untuk sampai mengkultuskan mereka.
Adapun dalam Syi’ah, maka pegkultusan terhadap para Imam Syi’ah 
tersebut memang tampak sudah menjadi bagian dari aqidah mereka, di mana 
siapapun yang tidak mengakui kepemimpinan sang imam dan tidak mengikuti 
perkataannya, maka ia akan dianggap sebagai orang yang keluar dari 
agama, karena memang keimaman (al-imaamah) adalah satu di 
antara rukun iman mereka. Dan inilah salah satu bentuk penyimpangan 
dalam Syi’ah, yaitu sikap menghormati tokoh-tokoh mereka secara 
berlebihan, di samping sebenarnya juga masih terdapat beberapa bentuk 
penyimpangan lainnya, seperti nikah kontrak (mut’ah), tradisi melukai fisik sendiri untuk mengenang peristiwa Karbala, dan yang lainnya.
Maka semoga umat Islam senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari 
penyimpangan aqidah Syi’ah semacam itu, dan semoga kaum Syi’ah juga 
memperoleh anugerah petunjuk untuk kembali kepada al-Qur’an dan 
as-Sunnah, meninggalkan pengkultusan mereka terhadap para imam mereka.
- Ahmadiyah dan Mirza Ghulam Ahmad
Adapun penyimpangan aqidah dalam aliran Ahmadiyah, maka itu adalah 
ketika aliran ini meyakini bahwa sosok Mirza Ghulam Ahmad adalah seorang
 nabi, bahkan sampai meyakininya sebagai al-Masih yang menggantikan Nabi
 Isa AS, juga sebagai Krishna yang dinanti-nantikan oleh umat Hindu, 
atau sebagai Imam al-Mahdi bagi umat Islam yang merupakan jelmaan dari 
Rasulullah Muhammad SAW.
Sebagian sumber ada yang memang menyebutkan bahwa Ahmadiyah itu 
terpecah menjadi dua kelompok, di mana kelompok pertama hanyalah 
merupakan gerakan keislaman sebagaimana organisasi berbasis Islam pada 
umumnya, yang tidak sampai menganggap Mirza Ghulam Ahmad sebagai seorang
 nabi, melainkan hanya menganggapnya sebagai tokoh Islam yang juga 
mengamalkan ajaran Islam sesuai tuntunan al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah
 Muhammad SAW; sedangkan kelompok kedua, maka inilah yang merupakan 
aliran keyakinan, yang menganggap Mirza Ghulam Ahmad sebagai seorang 
nabi, al-Masih, sekaligus Imam al-Mahdi. Sehingga, konon tidak semua 
yang disebut sebagai pengikut Ahmadiyah itu menyimpang dari Islam.
Namun bagaimanapun juga, dari beberapa keterangan yang ada, secara 
jelas memang Ahmadiyah lebih cenderung bergerak sebagai sebuah aliran 
keyakinan, yang mengesahkan sosok Mirza Ghulam Ahmad sebagai seorang 
nabi, al-Masih, sekaligus Imam al-Mahdi bagi umat Islam, dan bahkan bagi
 seluruh umat manusia. Dan keyakinan itu pun telah diungkapkan sendiri 
oleh Mirza Ghulam Ahmad yang mana merupakan pendiri dari Ahmadiyah, 
sebagaimana terdapat dalam kitab Tadzkirah Ahmadiyah. Dan di situlah 
salah satu titik penyimpangan yang memisahkan Ahmadiyah dari Islam.
Menurut al-Qur’an, satu-satunya nabi penutup di akhir zaman, yang 
mana tiada nabi baru setelahnya, tak lain hanyalah Nabi Muhammad SAW, 
putra dari Abdullah dan Aminah. Allah SWT berfirman di dalam al-Qur’an 
yang artinya berikut ini:
“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki 
di antara kalian, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup nabi-nabi. 
Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al-Ahzaab: 40)
Selain itu, menurut al-Qur’an juga, Nabi Isa AS tidaklah akan sampai 
digantikan oleh siapapun menjelang hari kiamat kelak, melainkan beliau 
sendirilah yang akan diturunkan oleh Allah SWT ke bumi. Sebagaimana 
telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Nabi Isa AS memang telah diwafatkan 
oleh Allah SWT, namun itu bukan berarti bahwa beliau telah mati hingga 
tak akan diutus kembali, karena Allah SWT sendiri telah menjanjikan 
bahwa sebelum kematian beliau kelak, orang-orang dari Ahli Kitab akan 
beriman kepada beliau dengan iman yang benar sesuai ajaran Islam.
Dari sini, kiranya keterangan tentang penyimpangan Ahmadiyah tersebut
 menjadi masukan yang membantu bagi para penganut Ahmadiyah itu sendiri,
 agar setidaknya mereka mengakui bahwa ajaran Mirza Ghulam Ahmad 
tersebut memang telah menyimpang jauh dan keluar dari Islam. Maka jika 
para penganut Ahmadiyah masih ingin mengaku sebagai umat Islam, 
seharusnyalah mereka meninggalkan ajaran-ajaran menyimpang dari 
Ahmadiyah tersebut, untuk lebih sepenuhnya mengikuti ajaran dalam 
al-Qur’an dan as-Sunnah, sebagaimana yang dilakukan oleh umat Islam. Dan
 semoga Allah SWT menganugerahi kemudahan petunjuk bagi para penganut 
Ahmadiyah untuk kembali kepada Islam.
Dan demikianlah beberapa bentuk penyimpangan aqidah dalam hal 
ketokohan. Baik umat Kristen, Syi’ah, Ahmadiyah, ataupun beragam 
kelompok keyakinan lainnya di luar Islam, jika masing-masing dianugerahi
 kemudahan oleh Allah SWT untuk dapat beralih pedoman dari ajaran 
keyakinan mereka kepada ajaran al-Qur’an dan as-Sunnah, sebagaimana umat
 Islam telah berpedoman kepada keduanya, maka mereka pun akan dapat 
menemukan petunjuk yang lurus, insyaa’Allaah. Maka semoga Allah
 SWT semakin melimpahkan hidayah-Nya atas umat non-Muslim hingga mereka 
menjadi cenderung kepada agama-Nya ini, sampai mereka beriman dan 
menjadi bagian dari umat Islam.
Demikianlah. Dan sesungguhnya, segala bentuk nikmat yang ada dalam 
diri manusia, baik yang disadari maupun yang tidak, baik berupa 
kesehatan, kemudahan, kemampuan, materi, pengetahuan, bahkan hidayah 
iman dan Islam sekalipun, semuanya hanyalah pemberian dari Allah SWT 
semata, dan selamanya bukan semata-mata hasil dari jerih payah manusia 
itu sendiri. Tiada yang benar-benar patut untuk diakui sebagai milik 
sendiri, karena memang semuanya hanyalah anugerah dan milik Allah SWT 
semata. Dan sesungguhnya hanya hidayah iman dan Islam sajalah yang 
merupakan anugerah terbesar bagi umat manusia.
Maka semestinyalah kita umat Islam yang telah diberi anugerah 
tersebut selalu berusaha untuk mensyukurinya, dengan cara bersama-sama 
menjaga perdamaian dan saling mengingatkan satu sama lain dengan cara 
yang baik semampunya, sambil berusaha menghindari potensi perpecahan dan
 perselisihan, karena sesungguhnya maslahat perdamaian di antara umat 
Islam itu jauh lebih penting daripada mempermasalahkan perkara yang 
sebenarnya masih dimaklumi oleh agama, seperti perbedaan pendapat dalam 
hal cabang agama (furuu’), yang sebenarnya sangat disayangkan 
jika perbedaan pendapat dalam hal semacam itu harus mengakibatkan 
tindakan saling cela dan saling merendahkan antara sesama umat Islam.
Sesungguhnya perdamaian di antara orang-orang beriman itu 
diperintahkan oleh Allah SWT, sedangkan berbantah-bantahan dalam hal 
yang dimaklumi agama itu justru dibenci oleh-Nya. Adapun memperbaiki 
penyimpangan atau kesalahan, maka itupun diharuskan dengan cara yang 
tidak salah pula, sesuai kemampuan masing-masing. Dan jikapun memang 
kita pernah terlanjur salah, maka kita bisa berusaha untuk tidak 
mengulanginya lagi, karena memang tiada manusia yang tidak pernah 
memiliki kesalahan.
“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu 
damaikanlah antara kedua saudara kalian dan bertaqwalah kepada Allah 
supaya kalian mendapat rahmat.” (Al-Hujuraat: 10)
“Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kalian 
berbantah-bantahan, yang menyebabkan kalian menjadi gentar (melawan 
musuh) dan hilang kekuatan kalian, dan bersabarlah, sesungguhnya Allah 
beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Anfaal: 46)
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan 
pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. 
Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang 
tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang 
yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl: 125)
Dan sesungguhnya, tiada seorang pun yang dapat menyelamatkan dirinya 
sendiri dari keburukan, baik keburukan batinnya sendiri maupun keburukan
 dari luar dirinya, melainkan Allah SWT sajalah yang berkuasa 
menyelamatkan siapapun yang Dia dikehendaki. Karena bagaimanapun juga, 
semua manusia adalah makhluq yang lemah, yang masing-masing pasti 
dianugerahi ketidakmampuan oleh Allah SWT dalam hal tertentu, yang mana 
itulah bentuk keterbatasan mereka, agar dengan demikian mereka menjadi 
bergantung kepada pertolongan Allah SWT. Dan keterbatasan masing-masing 
itu jugalah yang akan mengharuskan mereka saling melengkapi satu sama 
lain. Maka semoga kita dapat memaklumi keterbatasan dan kekurangan 
sesama, sambil mensyukuri keadaan masing-masing. Dan hanya dengan 
menyerah dan berserah diri kepada Allah SWT sajalah hati umat Islam 
dapat menjadi tenang dan tentram, karena memang hanya dari dan milik-Nya
 sajalah hakikat segala pertolongan, kekuatan, hidayah dan taufiq.
Wallaahu a’lam.
eramuslim.com 
Tidak ada komentar:
Write komentar