Rabu, 17 Agustus 2016

Archandra Tahar

Posted by   on

www.jpnn.com
Profil, Biodata Dan Biografi Arcandra Tahar – Reshuffle Kabinet kembali dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu 27 Juli 2016. Sebanyak 12 menteri baru dipastikan bakal mengisi Kabinet Jokowi. Dari nama nama yang secara resmi telah diumumkan Jokowi di istana, ada nama lama dan ada juga baru dikenal publik. Sri Mulyani adalah nama lama yang kembali mengisi posisi Menteri Ekonomi. Sementara itu ada juga yang belum dikenal publik seperti Arcandra Tahar yang akan menggantikan Sudirman Said sebagai Menteri ESDM. Siapakah sebenarnya sosok Arcandra Tahar sehingga dipercayai oleh jokowi untuk memimpin Kementrian ESDM? Berikut biodata, profil serta biografi selengkapnya
Biodata Arcandra Tahar
  • Nama lengkap: Dr. Arcandra Tahar
  • Riwayat Pendidikan: ITB Teknik Mesin (1989 – 1994), Texas A&M University Engineering (1996 – 1998), Texas A&M University Ocean Engineering Doctor Of Philosophy (1998 – 2001)
  • Riwatat Pekerjaan: Technical Advisor Noble Denton (2000), Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center (1997 – 2001), Peneliti Technip Offshore (2001 – 2006), Hydronynamics Lead Floatec LLC (2006 – 2007), Principal dan Presiden Asia Pasific AGR (2007 – 2009), Principal Horton Wison Deepwater (2009 – 2013), Presiden Petroneering (2013 – 2016), Menteri ESDM (2016)
Profil Dan Biografi Arcandra Tahar
Arcandra Tahar dipanggil Jokowi untuk pulang ke Indonesia sebagai Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral. Sudah 20 tahun Arcandra meninggalkan Indonesia dan tinggal di Houston Amerika Serikat. Kendati demikian ia tetap berkontribusi untuk indonesia seperti menjadi pembicara dalam persiapan Pertamina EP. Sosok profesianal berusia 45 tahun ini juga menjadi sosok dibalik negoisasi proyek Marsella. Penunjukan Arcandra sebagai menteri ESDM cukup mengejutkan beberapa pihak.
Arcandra menyelesaikan S1 nya di Teknik Mesin ITB dan kemudian bekerja di Andersen Consulting. Tak berhenti disitu saja, ia melanjutkan pendidikanya di Amerika dan meraih egelar S2 yakni di Texas A&M University. Sempat berniat kembali ke Indonesia untuk membenahi PT Timah, akhinya ia memutuskan melanjutkan kembali pendidikanya di Amerika untuk gelar S3. Sejak saat itu, Arcandra bekerja di berbagai perusahaan internasional.
Arcandra Tahar memiliki pengalaman 14 tahun dalam bidang teknik offshore dan hidrodinamika. Saat ini ia sudah memiliki 4 paten di bidang offshore salah satunya adalah teknologi McT Foating Platform.
Demikianlah profil, biodata dan biografi Arcandra Tahar. Mampukah beliau melanjutkan tugas Sudirman Said sebagai Menteri ESDM? kita tunggu saja gebrakan gebrakan selanjutnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar