Rabu, 30 Januari 2013

Taliban

Posted by   on


Taliban atau Taliban adalah gerakan Muslim Sunni yang didominasi oleh orang-orang dengan identitas etnis Pashtun yang dikendalikan di Afghanistan dari tahun 1996 sampai 2001. Perpindahan kelompok dari pemerintah pada tahun 2001 sangat destabilisasi organisasi, taliban masih memiliki anggota aktif, termasuk orang-orang dari bagian lain dari dunia yang melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh gerakan taliban. Selama bertahun-tahun Taliban dikontrol atas Afghanistan, sebagian besar pemerintah di seluruh dunia tidak mengakui itu sebagai pemerintah yang sah, karena kekhawatiran tentang pelanggaran hak asasi manusia.

Nama Taliban berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata talib, yang berarti "murid." Organisasi ini didirikan oleh Mullah Mohammed Omar, seorang individu yang sangat misterius yang bersembunyi pada tahun 2001 setelah jatuhnya organisasi dari kekuasaan yang dipimpinnya. Anggota Taliban awalnya santri yang mengembangkan penafsiran yang sangat konservatif Islam dan Syariah, atau hukum Islam. Selama perang sipil Afghanistan yang berkepanjangan, anggota kelompok mulai naik untuk memperoleh kekuasaan, dan akhirnya menguasai sebagian besar Afghanistan, menjanjikan untuk menghentikan pertikaian antara berbagai gerakan dari mujahidin, atau kelompok tentara yang dipimpin oleh panglima perang, untuk membuat negara tempat yang lebih aman. 

Pada awalnya, munculnya Taliban sebenarnya disambut dengan kegembiraan oleh banyak warga Afghanistan. Kelompok ini menegaskan bahwa gerakan ini akan mengangkat nilai-nilai Islam di Afghanistan, menggalang dukungan dari negara-negara Muslim, dan berjanji untuk menghentikan kekerasan. Namun, rezim tersebut cepat berubah menjadi kekhawatiran. Penafsiran gerakan yang sangat konservatif Islam ini menjadi citra yang buruk dan menjadi batu sandungan utama bagi banyak orang di negeri ini.

Di bawah kekuasaan Taliban, hak-hak perempuan sangat terbatas, dan "polisi kesopanan" dan ditegakkan aturan ketat. Pria-pria di Afganistan harus menumbuhkan jenggot dan budaya di Afghanistan menjadi hampir tidak ada. Afghanistan tidak diizinkan untuk bermain musik, layang-layang terbang, bertepuk di acara-acara olahraga, atau untuk terlibat dalam berbagai kegiatan lain yang diizinkan di negara-negara Muslim lainnya. Pengangguran meroket di bawah kekuasaan Taliban, dan menambah kerusuhan sosial.

Selain menjadi sangat konservatif, Taliban juga memicu kemarahan global dengan mendukung terorisme, baik secara langsung ataupun melalui kamp pelatihan, atau tidak langsung melalui bantuan keuangan. Kelompok ini juga memberikan kontribusi terhadap perluasan pasar opium Afghanistan, mengekspor produk pertanian dalam ton. Sehinga perekonomian di Afganistan tertekan, sebagian besar Afghanistan berpaling kepada opium untuk mencari nafkah, memimpin ekspor opium Afghanistan sekitar 75% dari pasokan global dengan tahun 2000-an.

Pada tahun 2001, kontrol Taliban di Afghanistan berakhir dengan invasi yang dipimpin oleh pasukan Amerika. Meskipun organisasi itu dengan cepat dialihkan, tentara tetap berada di Afghanistan untuk menangani pemberontak dan perang tingkat rendah sipil yang meletus setelah pemerintah itu jatuh. Pasukan ini juga mencari anggota Taliban untuk membawa mereka ke pengadilan atas pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang yang dituduhkan.

Tidak ada komentar:
Write komentar